Langsung ke konten utama

4 Ciri Utama Model Rumah Skandinavia


Disain rumah Skandinavian berasal dari Eropa Timur. Model rumah Skandinavia atau Scandinavian Swedish Design bergaya klasik, stylish dan modern ini sedang populer. Lantaran itulah, banyak rumah di Indonesia pun kini menerapkan disain Skandinavian pada rumahnya.
Bagaimanakah model disain rumah Skandinavia itu? Berikut model/ciri rumah Skandinavian:

1. Warna Alam Mendominasi
Skandinavian Style mengutamakan warna yang terambil dari alam. Dalam disain Skandinavia, warna putih yang sangat mendominasi interior scandinavian. Namun, ada pula warna netral yakni warna grey (abu-abu) yang diterapkan polos, atau dipadupadankan dengan warna putih. Dominasi putih dan abu-abu pada interior Skandianavian seolah sebuah keharusan pada dinding rumah Skandinavian. Sedangkan pada perabot dan lantai, warna coklat adalah pilihan tak tergantikan. Perpaduan ketiga warna ini menimbulkan kesan elegan dan berkelas. 

2. Fungsional dan Simpel

Model rumah Skandinavia sangat fungsional sekaligus simpel. Simpel dan fungsional itu misalnya pada penerapan perabot dan tata letaknya. Perabotan rumah Skandinavian tidak memiliki banyak ornament. Kalaupun ada aksesoris dalam rumah, maka aksesoris itu harus sesuai dengan tujuan dan manfaat bagi penghuninya. Disain pada kursi misalnya, cenderung bergaris lurus halus, dengan jarak antar bagian kayu yang cukup lebar. Tata letak interior ini pun tak memakai banyak space. Hasilnya, rumah menjadi terkesan 'terbuka' tapi tetap terlihat stylish dan modern. 

3. Jendela Berukuran Besar
Gaya Skandinavia mengutamakan bentuk jendela yang berukuran besar. Gunanya untuk menerima pencahayaan alam (matahari) yang lebih banyak. Berpadunya pencahayaan alami dengan warna alam pada interior rumah, menjadikan ciri khas rumah Skandinavia.

4. Humanis

Ciri khas rumah Skandinavia lainnya terletak pada nilai humanisme-nya yang kental. Maksudnya, semua penghuni rumah (utamanya anak-anak) mendapatkan manfaat dari model interior yang diaplikasikan pada lantai, dinding dan atap, serta melalui perabot yang diadakan dalam rumah. Dengan kata lain, model rumah Skandinavia mengutamakan supaya semua penghuni rumah memperoleh manfaat positif dari rumah yang ditempatinya. 

Tertarik menerapkan disain interior Skandinavian pada rumah anda? Kenapa tidak! Hitung biaya dan waktu yang tepat, dan lakukanlah demi kehidupan keluarga anda yang lebih berbahagia. (Calvyn Toar) 




dari berbagai sumber 

Komentar